Perkuatan Balok Beton

Dalam pembangunan gedung, balok beton memiliki peran penting sebagai struktural guna mendukung beban bangunan. Stabilitas dan keamanan struktur bangunan didasarkan pada kekuatan dan ketahanan balok beton. Namun, seiring lamanya balok beton berdiri dan semakin banyaknya beban yang ditopang balok beton maka bisa mengalami penurunan kekuatan atau mengalami kerusakan. Maka dari itu diperlukan perkuatan balok beton untuk mempertahankan kekuatan balok beton.

Dokumentasi Project Perkuatan Balok Beton PT Niaga Artha Chemcons - Perkuatan Struktur (CFRP Carbon dan Eglass)
Dokumentasi Project PT Niaga Artha Chemcons – Perkuatan Struktur (CFRP Carbon dan Eglass)

Baca: Harga Perkuatan Struktur Tahun Ini

Mengapa Perkuaran Balok Beton Penting?

Fungsi Balok Beton dalam Struktur Bangunan

Balok beton menjadi komponen penting dalam struktur bangunan guna menahan beban dan mendistribusikannya ke elemen-elemen struktural lain seperti pondasi dan kolom. Balok beton menerima beban secara horizontal dari pergerakan angin atau gempa, sedangkan secara vertikal menerima beban dari lantai dan atap. Dengan perannya untuk menahan beban, maka kestabilan dan kekuatan balok beton sangat penting guna menjaga keselamatan bangunan.

Dampak Kerusakan atau Kelemahan Perkuatan Balok Beton

Kerusakan atau kelemahan dari perkuatan balok beton tentunya bukan masalah sepele, dampak serius dapat terjadi jika tidak segera diatasi. Adapun dampaknya yaitu:

  1. Penurutnan kapasitas perkuatan balok beton karena balok beton yang retak mengalami kehilangan sebagian dari kapasitas beban sehingga tidak kuat untuk menahan beban.
  2. Terjadi lendutan yang berlebebihan sehingga mempengaruhi fungsi bangunan dan estetika.
  3. Perkuatan balok beton yang melemah dapat menyebabkan keruntuhan lokal atau total pada bangunan sehingga berisiko membahayakan nyawa bagi penghuni bangunan.
  4. Mengabaikan kerusakan balok beton pada akhirnya akan membuat biaya perbaikan semakin jauh lebih tinggi.

Kapan Perkuatan Balok Beton Dibutuhkan?

Perkuatan balok beton diperlukan untuk berbagai situasi seperti:

  1. Terjadi korosi pada tulangan, retakan, atau kerusakan lain yang mempengaruhi pada perkuatan balok beton.
  2. Terjadi perubahan fungsi bangunan seperti perubahan penggunaan bangunan atau renovasi sehingga mengakibatkan peningkatan beban.
  3. Jika terjadi perubahan standar bangunan yang mengharuskan untuk dilakukan peningkatan struktur bangunan.
  4. Jika telah terjadi bencana alam seperti gempa yang mengakibatkan rusaknya struktur balok beton.
  5. Terkena perubahan kondisi lingkungan yang ekstrem seperti kelembapan tinggi dan eksposur terhadap bahan kimia yang dapat mempercepat kerusakan.
Dokumentasi Project PT Niaga Artha Chemcons - Jacketing
Dokumentasi Project PT Niaga Artha Chemcons – Jacketing

Baca: Jasa Perkuatan Balok Beton

Jenis-Jenis Metode Perkuatan Balok Beton

1. Perkuatan Balok Beton dengan E-glass

Eglass atau glass fiber-reinforced polymer merupakan suatu bahan komposit yang terdiri dari serat kaca. Dalam penggunaanya, Eglass diaplikasikan dalam perkuatan balok beton yang memiliki kekuatan tarik begitu tinggi dan tahan terhadap korosi. Aplikasinya dengan proses menempelkan lembaran Eglass pada permukaan balok beton.

2. Perkuatan Balok Beton dengan CFRP

CFRP atau Carbon Fiber Reinforced Polymer adalah bahan komposit yang bahannya dari serat karbon dan diresapi resin polimer. Penggunaannya untuk memberikan perkuatan balok beton dengan menempelkan pada area balok beton yang perlu diberi perkuatan. CFRP identik dengan daya tarik yang kuat dan beban lembaran yang ringan.

3. Perkuatan Balok Beton dengan Carbon Plate

Carbon plate merupakan lembaran padat terbuat dari serat karbon dan diresapi resin yang kemudian dikeraskan. Hasil produksinya, carbon plate lebih kaku dan solid dibandingkan CFRP.

4. Perkuatan Balok Beton dengan Chemical Anchor

Chemical anchor adalah teknik perkuatan balok beton menggunakan resin kimia guna menempelkan batang penguat pada balok beton. Resin ini diaplikasikan pada lubang yang sudah dibor pada area balok beton kemudian dimasukkan batang penguat, setelahnya dibiarkan mengeras sehingga menciptakan daya rekat yang kuat.

5. Perkuatan Balok Beton dengan Jacketing Beton

Jacketing beton adalah metode perkuatan balok beton dengan menambahkan lapisan beton baru di sekitar area balok beton yang ada. Dalam aplikasinya dilengkapi tulangan tambahan untuk meningkatkan beban dari balok beton.

Dokumentasi Project PT Niaga Artha Chemcons - Chemical Anchor
Dokumentasi Project PT Niaga Artha Chemcons – Chemical Anchor

Memilih Jasa Perkuatan Balok Beton Berpengalaman

PT Niaga Artha Chemcons merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan perkuatan balok beton Anda. Pengalaman kami yang luas dan keahlian yang tebrukti, kami telah menyelesaikan berbagai proyek perkuatan beton di lokasi-lokasi ternama seperti Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Gedung Pusat PLN, Menara BRI, Gedung Jasindo, RSUD Anutapura, Masjid Darussalam Kota Wisata, Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, dan masih banyak lagi.

Lihat: Referensi Proyek Perkuatan Struktur Terbaik

Jangan tunggu terjadi kerusakan balok beton semakin parah. Percayakan jasa perkuatan balok betin Anda kepada kami yang telah berpengalaman di bidang ini. Konsultasikan sekarang secara gratis dan dapatkan survey gratis untuk area Jabodetabek. Hubungi dengan KLIK DI SINI atau melalui email sales@ptnac.com.

Facebook : Niaga Artha Chemcons
Instagram : na_chemcons
Twitter : na_chemcons
Linkedin : Niaga Artha Chemcons
Youtube : Dunia Konstruksi
Hotline : +62 818-0705-6556

Tags: No tags