Marka Jalan

Pasang Marka pada Jalan
Proses Pembuatan Marka Pada Jalan

Marka jalan merupakan suatu rambu yang berada di permukaan jalan meliputi tanda atau peralatan yang membentuk garis melintang, membujur, dan serong, serta lambang berguna untuk mengarahkan atau menuntun para pengguna dalam berlalu lintas dan mengatur arus lalu lintas sehingga dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, rambu ini juga berfungsi sebagai pembatas daerah kepentingan lalu lintas, maka dari itu hal tersebut menjadi penting bagi setiap pengendara.

Baca juga : Cat Marka Jalan dengan Material Termoplastik

Kontraktor Marka untuk Jalan
Mesin Untuk Marka Pada Jalan

Jenis-jenis Marka Jalan

Jenis yang umum digunakan berupa tanda meliputi:

  • Garis kejut
  • Garis Putus – Putus
  • Garis Sambung
  • Garis Ganda
  • Garis Melintang (Zebra Cross)
  • Garis Kuning (Yellow Box Junction)
  • Lambang

Sedangkan jenis yang umum digunakan berupa peralatan meliputi:

  • Paku jalan
  • Alat pengarah lalu lintas
  • Alat pembagi lajur atau jalur

Berikut, penjelasan jenis marka berupa tanda:

(1) Garis Putus-Putus 
Marka garis putus-putus ini masuk dalam kategori rambu membujur yaitu tanda yang sejajar dengan sumbu jalan. Jenis garis putus-putus ini umumnya digunakan untuk menunjukkan batas pada jalan pada lajur kiri dan kanan. Jenis ini juga menunjukkan kepada pengguna jalan untuk bisa mendahului di garis putus-putus dan bisa juga sebagai pembatas ruang parkir pada jalur lalu lintas kendaraan.

(2) Garis Sambung
Marka sambung ini melarang pengendara untuk melintasi batas dari marka karena akan sangat berbahaya. Jenis garis sambung ini umumnya digunakan pada area yang memiliki potensi kecelakaan besar. Kegunaan jenis garis sambung yaitu sebagai tanda jalan yang berbahaya, tanda agar tidak mendahului kendaraan lain atau melewati garis marka, ataupun sebagai pembatas lajur kanan dan kiri.

Jasa Marka Untuk Jalan
Jasa Pasang Marka pada Jalan

(3) Garis Ganda
-Garis Marka Sambung Dan Putus
Jenis ini umumnya digunakan pada jalan turunan yang memiliki jalur besar. Marka garis seperti ini memperbolehkan sisi lain yang memiliki marka putus-putus untuk mendahului, sedangkan di sisi marka sambung tidak boleh mendahului.

-Dua Garis Sambung
Marka jenis ini berarti tidak diperbolehkan satupun yang melewati garis sambung tersebut. Biasanya garis dengan jenis ini diletakkan pada jalur cepat atau jalur yang memiliki luas jalan lebih dari 2 jalur.

Spesialis Marka Untuk Jalan
Proses Pengaplikasian Material

(4) Garis Melintang (Zebra Cross)
Jenis garis melintang merupakan tanda yang tegak lurus terhadap sumbu jalan, digunakan sebagai pembatas jarak aman untuk berhenti, guna memberi kesempatan kepada para penyebrang jalan.. Jenis ini umumnya digunakan di dekat lampu lalu lintas.

(5) Garis Kuning (Yellow Box Junction)
Jenis garis kuning berbentuk segiempat berwarna kuning berfungsi untuk melarang kendaraan berhenti di dalam area kotak kuning guna mencegah kemacetan pada arus lintas yang padat.. Umumnya digunakan pada persimpangan yang memiliki banyak akses jalan untuk keluar masuk kendaraan.

(6) Lambang
Marka lambang adalah suatu tanda yang berguna memberi perintah, peringatan, ataupun larangan untuk menegaskan maksud yang sudah disampaikan oleh rambu lalu lintas lainnya. Bentuknya berupa segitiga, panah, ataupun tulisan yang berguna untuk mengulangi maksud rambu-rambu lalu lintas atau untuk memberitahu pemakai jalan yang tidak dinyatakan dengan rambu.

Marka Pada Jalan Terbaik
Hasil Pasang Marka Pada Jalan

Area Kerja

  • Jalan raya
  • Tikungan tajam
  • Jalan menurun
  • Persimpangan jalan
  • Area parkir
  • Area lampu lalu lintas
  • Area berbahaya
  • Dan area lainnya

Baca juga : Kontraktor Cat Marka Jalan Termoplastik

Merk Material Marka jalan
MerkType
ZANTHABA Cat ThermoplasticAASHTO M-249-79 Standard,
AASHTO M-249-79 Standard Super,
AASHTO M-249-79 Semi 02,
AASHTO M-249-79 Semi 01,
AASHTO M-249-79 Semi Super,
AASHTO M-249-79 Murni (Full Spec.),
AASHTO M-249-98 Murni (Full Spec.)
KINGS LINEAASHTO M-249-79 Murni (Full Spec.),
AASHTO M-249-98 Murni (Full Spec.)

Merk dan type material tersebut di atas adalah yang umum digunakan, masih tersedia berbagai macam merk dan type material lainnya.

Harga Marka Jalan

Harga pekerjaan marka disesuaikan pada jenis dan merk material yang digunakan, tingkat kesulitan, volume area serta lokasi kerja. Dan harga marka jalan berkisar antara Rp 17.000,- hingga Rp 29.000,- per meter lari.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap dengan team ahli kami, silahkan KLIK DISINI untuk menghubungi kami, atau bisa kirim email ke sales@ptnac.com.